MENTHOG PEDES DAN JANGAN KELINGKING KULINER KHAS KAB. MALANG


TVONE 2Paguyuban Joko Roro kabupaten Malang kembali menghadirkan wisata yang unik di salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Jika biasanya pantai atau tempat wisata yang lain sebagai tujuan utama, kali ini wisata kuliner lah kami kunjungi. Sabtu (8/12), Perwakilan PAKAR yaitu Roro Saza, Joko Fatur, Dan Joko Fajar mengunjungi Kecamatan Kromengan untuk menikmati salah satu sajian terkenal disana. Ada hal yang berbeda dibandingkan kunjungan kami sebelumnya. Bersama salah satu tim dari TVOne sekaligus Roro Kabupaten Malang 2005 yaitu Roro Lia, kami menyusuri sejuknya suasana jalan menuju Kromengan.

Sebenarnya sajian apa yang akan kami nikmati? Ya, Menthog Pedhes dan Jangan Kelingking lah yang mampu menggugah rasa lapar pada siang hari. Ibu Ndari merupakan warga Kecamatan Kromengan yang mampu mengubah hobi masaknya menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Di dukung oleh suaminya yang juga memiliki bisnis pembuatan gitar, Menthog Pedhes dan Jangan Kelingking buatan Bu Ndari sudah 2 tahun berjalan. Kedua hidangan andalan Ibu Ndari dimasak secara berbeda dan masih menggunakan anglo sebagai alat memasaknya. Penggunaan anglo juga mampu membedakan cita rasa antara masakan buatan Ibu Ndari dengan masakan warga yang lain.

Kami diajak menyusuri sisi demi sisi dapur yang ada tepat di samping rumah Ibu Ndari. Kami dijelaskan proses memasak mulai dari awal hingga akhirnya penyajian. mereka mendapatkan menthog dari tengkulak yang mengirimkannya ke rumah dan disimpan di kandang kecil di depan rumah mereka. Selain itu, Ibu tiga anak ini juga memiliki kebun sendiri untuk penyediaan cabai rawit.(saza/pakar-online)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s