GEBYAR RITUAL I SURO GUNUNG KAWI SUKSES PIKAT RIBUAN WISATAWAN


IMG_2973Malang –  Kamis (15/11), bertepatan dengan  tahun baru Hijriyah atau yang biasa disebut dengan 1 Suro, Paguyuban Joko dan Roro (PAKAR) menyempatkan diri untuk berkunjung dan menyaksikan event tahunan yang dilaksanakan di Gunung Kawi, yaitu Gebyar Ritual 1 Suro.

Penyelenggaraan event pada tahun ini telah menyita perhatian ribuan wisatawan, tercatat tak kurang dari 15.000 wisatawan dari sekitar Kabupaten Malang maupun dari luar Kabupaten Malang memadati kompleks Pesarean di gunung Kawi, Desa Wonosari, Kabupaten Malang. Gebyar Ritual 1 Suro memang memiliki daya pikat tersendiri yang mampu menyedot perhatian banyak wisatawan. Mereka datang dengan berbagai tujuan, mulai dari menyaksikan hingga ikut serta dalam ritual ini.

Menurut Bapak Irwan Sumadi selaku Ketua Panitia tahun ini sebanyak 15 RW di desa Wonosari terlibat dalam acara Kirab Sesaji. Secara bergantian mereka mengarak nasi Tumpeng Kebuli yang diusung dengan tandu berbentuk makhluk raksasa, ular naga, rumah-rumahan dan masih banyak lagi yang lainnya. Nasi tumpeng Kabuli itu bermakna rasa syukur atas nikmat dari Tuhan. “Nantinya, tumpeng akan didoakan bersama di pesarean Eyang Jugo yang merupakan keturunan Pakubuana I dan Eyang Imam Sudjono yang keturunan Hamengkubuwono I. Almarhum, keduanya dimakamkan disini,”tutur nya. Setelah didoakan, tumpeng-tumpeng tersebut, nantinya akan diperebutkan oleh para pengunjung. Masyarakat sekitar percaya, siapapun yang berhasil mendapat bagian dari rebutan Tumpeng, apa yang didoakannya akan bisa terkabul.

Pada akhir acara, di sore harinya juga  dilakukan pembakaran patung Sangkala berbentuk buaya raksasa. Pembakaran sangkala, bermakna upaya memusnahkan angkara murka di hati masyarakat dan menyimpan harapan semoga yang tertinggal hanya nafsu yang baik-baik saja. (Joko Fatur / pakar online)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s