BEAUTIFUL KENDEDES HADIRI ERAU EXPO 2012


Erau adalah sebuah tradisi budaya Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun dengan pusat kegiatan di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Erau berasal dari bahasa Kutai, eroh yang artinya ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita. Suasana yang ramai, riuh rendah suara tersebut dalam artian banyaknya kegiatan sekelompok orang yang mempunyai hajat  dan mengandung makna baik bersifat sakral, ritual maupun hiburan. Festival Erau ini benar-benar mengemas ketiga suasana tersebut menjadi sebuah event yang menakjubkan. Ada sebuah upacara yang dilakukan di Istana Raja Kutai yang di dalamnya ditampilkan tarian-tarian asli Kutai di sela-sela perjamuan makanan yang pada saat itu disambut dan dijamu oleh Bupati Kutai, dan pada saat yang sama dentuman meriam yang ditembakkan ke angkasa sebanyak 6 kali tersebut seakan membuat kota Tenggarong pada saat itu terguncang dan bergetar beberapa saat . Sedangkan suasana hiburan terdapat pada Erau Expo 2012 yang terletak di stadion Rondong Damang, selain terdapat pameran dari seluruh daerah di Indonesia, terdapat juga sebuah panggung hiburan di sana. Joko Andre dan Roro Devi dilibatkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang untuk memberikan nuansa kerajaan Singosari yang kental sebagai Ken Arok dan Ken Dedes serta unjuk kebolehan dengan membawakan tarian  “The Beautiful of Ken Dedes” di panggung hiburan Erau Expo 2012. Sebuah kehormatan bagi kami bahwa selain tampil di panggung hiburan Erau Expo 2012, tim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang yang juga menampilkan tarian ‘Kasomber” yang ditarikan oleh beberapa penari, juga diminta tampil untuk berkolaborasi dengan seniman dan musisi asli Tenggarong di panggung sekitar Sungai Mahakam, dimana pada malam itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang menerima penghargaan dari Dinas Pariwisata Kutai.

Rangkaian terakhir festival Erau ini yaitu “Simburan Air “yang konon katanya dapat membuang sial dan menghilangkan segala kesengsaraan yang ada pada masyarakat yang tinggal di sekitar Kutai tersebut. Para warga wajib keluar rumah untuk saling melempar amunisi airnya dan yang paling penting dalam acara ini yaitu tidak boleh ada amarah yang meluap ketika tiba-tiba mereka mendapatkan serangan berupa simburan air.

Perlu kita ketahui bahwa pada sejarahnya, Erau pertama kali dilaksanakan pada upacara tijak tanah dan mandi ke tepian saat Aji Batara Agung Dewa Sakti berusia 5 tahun. Setelah dewasa dan diangkat menjadi Raja Kutai Kartanegara yang pertama (1300-1325), juga diadakan upacara Erau. Sejak itulah Erau selalu diadakan setiap terjadi penggantian atau penobatan Raja-Raja Kutai Kartanegara. (Roro Devi / @kitty_devi)

One response to “BEAUTIFUL KENDEDES HADIRI ERAU EXPO 2012

  1. Pingback: Kawasan Kumuh Itu Kini Jadi Ikon Wisata Baru | makanenak.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s