Visit Candi Jago Year 2012


Kabupaten Malang kaya akan berbagai macam objek wisata, mulai dari objek wisata alam, wisata buatan, dan wisata sejarah. Saat ini wisata sejarah banyak diminati oleh para wisatawan asing maupun wisatawan lokal, karena sejarah adalah awal mula kita sebagai salah satu bangsa yang luar biasa. Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan (pikiran, ide) tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik manusia dengan cara belajar.

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Tetapi hal ini lah yang menjadikan bangsa Indonesia besar dengan keanekaragaman yang ada. Hal ini pula yang dimiliki oleh salah satu wilayah yang ada di Indonesia. Kabupaten Malang memiliki nilai sejarah tersendiri pada zaman perkembangan dan banyak bangunan bersejarah peninggalan nenek moyang pada zaman dahulu. Dan hal ini lain yang seharusnya terus dijaga dan dilestarikan oleh para generasi muda, karena tidak semua negara memiliki nilai sejarah yang tinggi dan mempunyai peninggalan dari nenek moyang pada zaman dahulu.

Candi jago adalah salah satu peninggalan bersejarah, mempunyai nilai sejarah yang tinggi pula. Terletak di salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, yaitu Kecamatan Tumpang. Banyak  para arkeolog yang telah melakukan penelitian di Candi Jago ini, dan banyak pula para wisatawan yang mengunjungi Candi Jago ini. Itulah yang membuat Dinas Pariswisata bekerjasama dengan salah satu sanggar yang ada di Tumpang yaitu Sanggar Mangundarmo untuk membuat sebuah event yang dapat menarik minat para pengunjung untuk datang dan melihat seni tari yang digelar di Candi Jago. Nama event ini adalah Visit Candi Jago Year 2012. Event ini diresmikan langsung oleh Bapak drs. H. Priyo Budi Santoso selaku Wakil Ketua DPR RI pada hari senin, 9 April 2012.

Pada saat peresmian ini ada pula pengunjung dari Jerman yang mengaku senang adanya pagelarann seni tari di Candi Jago ini. Mereka mengatakan Candi Jago ini adalah tempat yang indah, mereka sebelumnya juga pernah melihat tentang informasi Candi Jago di internet. Selain wisatawan dari manca negara, banyak pula wisatawan lokal yang sengaja datang ke Candi Jago untuk melihat secara langsung seni tari yang di gelar di bangunan yang bersejarah ini.

Event ini akan diselanggarakan pagelaran kesenian setiap hari sabtu jam 10 pagi. Dimana, akan ada para penari yang akan membawakan sebuah tarian yang indah di Candi Jago. Hal ini dilakukan sebagai wujud pelestarian dan pengembangan seni dan kebudayaan Jawa Timur. Dengan demikian budaya bangsa peninggalan nenek moyang akan lebih dicintai lagi terutama oleh para warga negara Indonesia.

Jadi bagi siapapun yang ingin tahu, ingin lebih mengenal sen,i budaya, dan peninggalan sejarah nenek moyang pada zaman dahulu, maka berkunjunglah ke Candi Jago, Kabupaten Malang. Letaknya yang strategis karena berdekatan dengan Bandara Abdul Rahman Saleh akan lebih memudahkan para wisatawan lokal maupun wisatan asing untuk langsung ke Candi Jago tanpa menempuh perjalanan yang jauh. Mari lebih mengenal, mencintai dan melestarikan Seni Budaya Asli peninggalan nenek moyang. Salam Pariwisata. (by Roro Nadia @nadia_rd)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s