Budaya Malangan di Festival Cap Go Meh Singkawang


Kota Singkawang Propinsi Kalimantan Barat, tiap tahun nya menjadi pusat perhatian bagi wisatawan lokal maupun asing, mengapa? Karena pada tiap perayaan Tahun Baru Imlek, di Kota Singkawang ini selalu memberikan suatu sajian tradisi yang membudaya yaitu melalui perayaan Festival Cap Go Meh dan Pekan Budaya nya. Dimana dalam perayaan festival tersebut ditampilkan Pawai Lampion, Pameran Pariwisata dan Kebudayaan, Pagelaran Seni Budaya, serta di akhiri dengan Pawai Tatung nya.

Pada rangkaian acara tersebut, sungguh menjadi kebanggaan serta kehormatan bagi kami, Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang khususnya, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang pada umumnya, bisa bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang dalam turut serta memeriahkan acara Festival Cap Go Meh 2012 di Stadion Kridasana Kota Singkawang.

Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Malang menampilkan Stand Produk-produk unggulan Kabupaten Malang, seperti Batik Druju, Topeng Malangan, Kaos Malangan dll. Selain itu, Joko Roro Kabupaten Malang diberikan kesempatan untuk menampilkan kesenian dalam bentuk sendra tari dan lagu, antara lain Joko Andre dan Roro Devi menampilkan Tarian Beautiful Kendedes dan Krido Retno serta Joko Adith menyanyikan sebuah lagu yg makna nya berisi tentang Visi Misi Pemerintah Kabupaten Malang yang berjudul “Madep Manteb”.

Kegiatan seperti ini sangatlah positif untuk mempromosikan potensi budaya dan pariwisata yang ada di daerah masing-masing. Sehingga hubungan kerjasama antar Pemerintah setempat selalu terjalin dengan baik. Next Time..Kota Makasar menjadi tujuan jalinan kerjasama dalam Festival Budaya nya. (by. Joko Adit’05)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s