Muktamar ke-11 Jam’iyah Ahli Thariqot Al Mu’thabaroh Anadiyah, di Pondok Pesantren Al Munawariyah, Kabupaten Malang, Jawa Timur


Kami sebagai duta wisata Joko Roro kabupaten malang sangat senang dapat menghadiri Muktamar ke-11 Jam’iyah Ahli Thariqot Al Mu’thabaroh Anadiyah, di Pondok Pesantren Al Munawariyah, Kabupaten Malang, Jawa Timur ,karena dengan begitu kita bisa semakin memperkenalkan bahwa duta wisata Joko Roro Kabupaten Malang, bayangkan Sebanyak 16 negara mengikuti Muktamar ke-11 Jam’iyah Ahli Thariqot Al Mu’thabaroh Anadiyah, di Pondok Pesantren Al Munawariyah, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (11/1/2012).Negara asing yang memastikan diri mengikuti muktamar, antara lain dari Amerika Serikat, Syiria, Maroko, Iran, Yaman, Sudan, Malaysia, Singapura dan Brunei Darusalam. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Abdul Malik, mengatakan untuk peserta lokal diperkirakan mencapai 10.500 orang, termasuk sejumlah kiai. “Kedatangan tamu asing itu sudah ditandai dengan banyaknya tamu yang menyewa hotel dan penginapan, di sekitar Pondok Pesantren Al Munawariyah,” katanya.

Dinas Pariwisata beserta Paguyuban Joko Roro tidak mau mengabaikan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan pariwisata yang ada di Kabupaten Malang dengan menggelar 12 stan berisi pameran produk unggulan dan pusat informasi wisata yang bertujuan mengenalkan sektor wisata Kabupaten Malang ke peserta. “Pemkab juga menyediakan 56 kendaraan untuk toilet, dan satu diantaranya VIP dengan air bersih untuk wudhu di 110 titik. Terkait agenda muktamar, Malik mengaku, tidak ada agenda khusus yang berbau politis. Sebab kegiatan muktamar bertujuan untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan NKRI, dan membuat program kerja lima tahun mendatang yang ditandai dengan pemilihan ketua baru.

 

Ketua Panitia Muktamar Wilayah Jawa Timur, Muktiey Nurhadi mengatakan kegiatan muktamar itu akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Rabu (11/1) pukul 14.00 WIB. “Selain itu, turut hadir sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia bersatu yang akan mendampingi Presiden,”

Di dalam Muktamar ke-11 Jam’iyah Ahli Thariqot Al Mu’thabaroh Anadiyah membahas berbagai hal yang berkaitan dengan dinamika dunia Islam khususnya di negara Timur Tengah, para delegasi akan merumuskan draft pembentukan AR-RABITHAH ATH-THARIQIYYAH AL-‘ALAMIYYAH (RTA).

Menurut Sekretaris Jendral Idaroh Aliyah Jatman KH Mohammad Masroni, hadirnya utusan khusus dari negara negara Timur Tengah menjadi sangat penting, apalagi melihat akhir akhir ini pergolakan di negara Timur Tengah, maka thariqah sangat berkepentingan terciptanya dunia Islam yang damai.

Untuk efektifitas dan optimalisasi peran thariqah tersebut di atas maka dibutuhkan sebuah organisasi thariqah tingkat dunia sebagai media komunikasi dan konsolidasi dari para mursyid dan pengamal thariqah  untuk merumuskan konsep dan langkah strategis dalam mengembangkan ajaran thariqah untuk menciptakan peradaban dunia dan masyarakat dunia yang damai dan berkeadilan.

Karena itu, menurut Kiyai Masroni adalah menjadi sebuah keniscayaan dibentuknya sebuah organisasi thariqah tingkat dunia (Ar-Rabithah Ath-Thariqiyyah Al-’Alamiyyah) yang bertujuan untuk merealisasikan visi dan misi dari ajaran thariqah tersebut.

Delegasi kelima negara yang telah menyatakan hadir ialah Sudan Syech Umar Idris Hadrah (Menteri Wakaf dan Irsyad, Ketua Umum Majelis Tinggi Dakwah Islam) dan Syech Muhammad Sulaiman Muhammad Ali (Sekjen Umum Majelis Tinggi Dakwah Islam). Dari Mesir Syech Amru Musthafa Al Wardani  dan Syech Usama Mahmud Muhammad As Sayyid Al Azhari keduanya delegasi dari Naib Wakil Syech Al Azhar.

Sedangkan dari Syiria hadir Syech Mamud Khalid Chehadah (Wakil Rektor Universitas Islam Damaskus dan Syech Umar Muhammad Rajab Deeb (Cucu Wakilnya Syech Rajab Deeb) dan dari Yaman Yordania Habib Zaid bin Abdurrahman bin Yahya (Naib Habib Umar bib Hafidz Darul Musthafa). Adapun utusan dari Malaysia, Singapura, Brunai, Jepang, dan Thailand masih dalam konfirmasi. (Joko Andre)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s