PAGELARAN KETOPRAK TAHUN BARU “SATRIYA PRAJA” DI PENDOPO AGUNG KABUPATEN MALANG


Indonesia tidak hanya memiliki diversitas geografis dan biologis yang sangat tinggi, tetapi juga keragaman kultural yang menarik banyak perhatian. Terdapat banyak variasi bahasa, motif kain, lagu daerah, tarian, senjata, serta desain rumah adat yang tersebar di bumi nusantara. Oleh karena itu, sebagai bagian dari Negara dan Bangsa Indonesia, Pemerintah Kabupaten Malang memanfaatkan momentum perayaan menyambut  tahun baru 2012 sekaligus sebagai peringatan hari jadi Kabupaten Malang ke-1251 dengan menyelenggarakan Pagelaran Kesenian Ketoprak pada hari Sabtu malam tanggal 31 Desember 2011 bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Pagelaran kesenian ketoprak ini dimainkan oleh Paguyuban Kesenian Ketoprak “Satriya Praja” yang diperankan oleh Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Malang, Komandan KODIM 0818, Sekretaris Daerah, beberapa Kepala SKPD, Kepala Bagian, Staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, serta dari Joko Roro Kabupaten Malang yaitu Roro Devi dan Roro Nadia yang turut berpartisipasi. Lengkap sekali kemeriahan acara pada malam tahun baru tersebut karena artis Ibu Kota yaitu Yurike Prastika ikut serta berperan menjadi bintang tamu dalam pagelaran ketoprak tersebut. Adapun untuk lakon yang dimainkan mengambil judul “Sumila’ing Mendung Ing Giri Malang”, yang dalam ceritanya mengisahkan suatu kerajaan yang berhasil membangun wilayahnya akan tetapi dalam perjalanannya menghadapi gangguan dari para jin yang sengaja ingin mengacaukan ketentraman kerajaan tersebut. Pada akhirnya meskipun banyak rintangan yang harus dihadapi, namun dengan tekad yang MADEP MANTEB, maka halangan dan rintangan yang menghadang dapat diselesaikan tanpa menimbulkan masalah.

Cerita pagelaran ketoprak yang disutradarai oleh H. Topan Muhammad (pemain Ketoprak Humor Samiaji) ini ditampilkan pada pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 23.50 WIB dan sangat menghibur para penonton yang hadir di pendopo tersebut. Sisa waktu beberapa menit menjelang tahun baru atau yang biasa dikenal sebagai detik-detik tahun baru digunakan untuk pemotongan tumpeng dan sambutan oleh Bapak H. Rendra Krisna selaku Bupati Malang. Suasana senang riang gembira tampak di wajah setiap orang yang hadir pada malam itu apalagi setelah penutupan sambutan oleh Bapak Bupati Malang selesai pertanda tahun baru telah tiba, ditambah dengan bunyi nyaring terompet menambah meriahnya suasana gegap gempita pada hari itu. Semoga di tahun 2012 ini Kabupaten Malang menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya dan lebih banyak lagi prestasi yang akan diraih oleh Kabupaten Malang tercinta ini. (Roro Devi.. @kitty_devi)

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s