BERWISATA RELIGI DI PENYEKARAN DAN KIRAB AGUNG 1 SURO GUNUNG KAWI


Hai,,, SALAM PARIWISATA…
Selalu ada yang baru di Paguyuban Joko Roro Kabupaten Malang. Ya… kali ini kita akan menyimak aktifitas Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang yang diwakili oleh Joko Andre, Joko Rian, Joko Jay, Roro Devi, dan Roro Intan beberapa waktu lalu sebagai Tamu Wisata dalam “PENYEKARAN DAN KIRAB AGUNG 1 SURO GUNUNG KAWI KABUPATEN MALANG 2011”.

Disambut dengan sangat ramah oleh salah satu dari keturunan Juru Kunci Gunung Kawi yang sekaligus pemilik Hotel Roro yakni Ibu Ririen, membuat kesan pertama kami berada disana menjadi sangat menyenangkan, ditambah dengan nuansa pedesaan yang sangat sejuk dan ramai, menjadikan kesan angker yang selama ini banyak diberitakan tentang Pesarean Gunung Kawi sangatlah jauh berbeda.

Siapa yang tidak mengenal dengan Pesarean Gunung Kawi??? Ya… tempat dimakamkannya dua jenazah yang berjajar dalam satu liang lahat. Yang pertama adalah Kanjeng Kyai Zakaria II, yang lebih dikenal dengan nama Mbah Djoego, seorang ulama terkenal dari keraton Mataram Surakarta. Kemudian yang kedua adalah Raden Mas Imam Soedjono, seorang bangsawan yang menjadi Senopati/Panglima Perang dari keraton Jogjakarta.

Sisi lain dari Dareah Wisata Ritual Pesarean Gunung Kawi kali ini adalah upacara Penyekaran dan Kirab Agung 1 Suro yang setiap tahunnya dilaksanakan untuk menghormati perjuangannya dengan melakukan do’a bersama. Diawali dengan Kirab Agung yang dilakukan oleh seluruh keluarga besar dari garis keturunan Mbah Djoego dan Raden Mas Imam Soedjono serta Juru Kunci dengan diiringi para Pejabat Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat, hingga Duta Wisata Joko Roro Kab. Malang menuju Pesarean dimana tempat kedua tokoh tersebut dimakamkan dengan membawa peti putih yang berisi Kitab peninggalan Raden Mas Imam Soedjono, sesaji berupa makanan dan minuman serta hasil bumi dan sepasang Kembang Setaman.

Sesampainya di pesarean beberapa sesaji berupa makanan dan minuman serta hasil bumi dan sepasang Kembang Setaman dikumpulkan, dan selanjutnya peserta kirab duduk bersila menghadap ke arah pusara untuk melakukan acara initi yakni Tahlil Akbar, yang bertujuan untuk mendo’akan kedua almarhum dengan membaca Surat Yasin dan Bacaan Tahlil serta diakhiri dengan Penyekaran Agung yaitu menaburkan bunga di pusara kedua tokoh tersebut.

Tidak hanya pengalaman yang sangat luar biasa dan berbagai pengetahuan sejarah saja yang diperoleh Joko Roro dalam acara tersebut, kita juga diperkenalkan tentang silsilah dan riwayat Mbah Djoego dan Raden Mas Imam Soedjono, tempat-tempat yang dapat dikunjungi, dan juga tata cara berziarah yang baik dan benar agar tidak menyesatkan seperti yang selama ini banyak diberitakan.

Sekian dulu ya informasi wisata yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berkunjung ke Dareah Wisata Ritual Pesarean Gunung Kawi ya,,, serta nantikan kabar selanjutnya bersama Paguyuban Joko Roro Kabupaten Malang.(7/12/11)

SALAM PARIWISATA…

By. Joko Rian (hallorian@ymail.com)

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s