Andil Pakar dalam Festival Kesenian Kawasan Selatan


FKKS (Festival Kesenian Kawasan Selatan)merupakan program rutin Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur. Tahun ini, Kabupaten Malang berkesempatan mnejadi tuan rumah yang pembukaannya dilaksanakan pada 24 November 2011. Acara yang digelar dari 24 – 26 November ini mampu menarik perhatian masyarakat sekitar Malang karena memeberikan banyak hiburan kesenian khas kawasan selatan yang jarang ditemui.

Dibuka oleh perwakilan dari Disbudpar Jatim, acara ini diikuti oleh beberapa kabupaten : Kab. Banyuwangi, Kab. Jember, Kab. Lumajang, Kab. Blitar, Kab. Tulungagung, Kab. Pacitan, serta Kab. Ponorogo. Pada malam pembukaan tim tari dari PAKAR berkesempatan menjadi pembuka di acara yang digelar di GOR Kanjuruhan Kepanjen tersebut.


Dengan formasi yang masih sama seperti saat menari di Palembang, Joko Bambang, Joko Andre, Joko Tio, Roro Devi, Roro Nadia, dan Roro Inge berusaha tampil maksimal di acara tersebut. Walaupun ada sedikit kendala karena tim tari PAKAR belum terbiasa menari diiringi oleh musik secara langsung. Namun, antusiasme penonton, termasuk Bapak Rendra – Bupati Malang, cukup meriah. Selain itu, PAKAR DIVO juga ikut memeriahkan acara pembukaan dengan menyanyikan beberapa tembang jawa. Suara merdu mengalun dari Joko Adit, Joko Paulus, dan Joko Rian. Ketiga Joko ini mampu memukau haidirn yang datang.

Pada hari pertama FKKS, dimeriahkan oleh penampilan dari Kabupaten Pacitan yang menampilkan kesenian bernuansa “kethek” atau monyet dalam bahasa Indonesia. menceritakan tentang seorang putri yang mampu menaklukan monyet. Disusul dengan penampilan wayang dari Kabupaten Blitar. Tidak kalah penampilan dari tamu luar Jawa. Yakni penampilan tari dari Suku Dayak Kalimatan Barat yang ikut meramaikan FKKS. Suasana menjadi semakin semarank malam itu.

FKKS ini menjadi satu acara yang masuk di rangakaian acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1251. Selain FKKS juga diadakan acara pendukung lainnya seperti SHAC-Fest yang belrangsung pada 26 November, serta Kabupaten Malang EXPO yang masih akan berlangsung hingga Bulan Desember.

Diragahayu Kabupeten Malang “MADEP MANTEP” !!!

(Joko Tio/@tioduanov, ed. Wulan Agustia (08220065))

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s