BEAUTIFUL KENDEDES AT BATAM EXPO TOURISM, TRADE, INVESTMENT 2011



Batam Expo  Tourism, Trade, Investment 2011 adalah pameran terbesar ketiga di bidang industri pariwisata, perdagangan, dan investasi yang diselenggarakan pada tanggal 6- 9 Oktober 2011 di Mega Mall Batam. Batam Expo yang juga merupakan Festival Seni dan Budaya Nusantara 2011 ini dibuka langsung oleh Kepala DISBUDPAR Kepulauan  Riau pada tanggal 6 Oktober 2011. Tetapi  sebelum gong dipukul pertanda acara telah dibuka, terdapat persembahan tarian selamat datang yaitu tarian Sekapur Sirih, disusul dengan tarian Empat Etnis dari Sulawesi Selatan, dan tentunya yang paling banyak  menarik perhatian pengunjung yang datang di mall tersebut adalah persembahan tari oleh Joko dan Roro Kabupaten Malang 2010 yaitu Joko Andre dan Roro Devi yang mempersembahkan tarian bertema Beautiful Kendedes.  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang memilih tema tersebut karena tema stand yang mereka bawa adalah tentang Candi Singosari yang melambangkan Kerajaan Singosari yang dipimpin oleh Ken Arok yang beristrikan seorang permaisuri cantik yaitu Ken Dedes, Disbudpar Kabupaten Malang juga ingin menonjolkan sisi keunggulan Ken Dedes sebagai Ikon Kabupaten Malang. Harapannya  potensi wisata yang  ada di Kabupaten Malang memiliki pesona dan kecantikan seperti  Ken Dedes sang Diah Pradnya Paramitha.

Selama empat hari, Mega Mall sepertinya tidak pernah sepi pengunjung. Terlebih pada hari Sabtu dan Minggu banyak sekali pengunjung yang datang untuk melihat stand-stand yang ada pada pameran tersebut. Selain Kabupaten Malang, ada beberapa daerah yang turut serta berpartisipasi dalam festival seni dan budaya 2011 tersebut antara lain Jepara, Tangerang, DI Yogyakarta, Propinsi Papua Barat, DKI- Jakarta , Kuantang Singingi, Kutai Kertanegara, Karangasem – Bali, Pemalang, Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Kendal, Propinsi Sulawesi Selatan, dan Timor Timor Selatan. Setiap daerah berlomba-lomba untuk mempercantik stand mereka  karena di penutupan pameran akan diumumkan tiga juara stand terbaik.

Stand Kabupaten Malang adalah stand yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Karena selain adanya keramahan dari  duta wisata beserta staff DISBUDPAR Kabupaten Malang, ternyata stand tersebut memiliki produk unggulan yang unik yang pada saat itu produk tersebut dijual di stand Kabupaten Malang , antara lain souvenir yang berhubungan dengan topeng malangan khas Kabupaten Malang yaitu gantungan kunci, kalung, pensil, dan kaos yang didesain khusus dengan berbagai macam karakter topeng yang ada. Namun tidak lupa pula pada stand tersebut dipajang beberapa topeng Malangan yang asli untuk hiasan dinding. Tentunya, para pengunjung stand bukan hanya berasal dari Indonesia saja, melainkan dari luar negeri pun juga ada, yang salah satunya adalah dari Turki. Pada stand Kabupaten Malang juga disediakan pula goody bag bagi para pengunjung yang datang,goody bag tersebut berisikan brosur-brosur tentang potensi wisata di Kabupaten Malang dimana semua itu bertujuan untuk mempromosikan Kabupaten Malang secara gencar dan besar-besaran di tingkat nasional ini.

Terdapat juga televisi plasma yang diletakkan di sudut kanan stand yang menayangkan cuplikan potensi wisata Kabupaten Malang. Semua itu disediakan dengan harapan bahwa dengan adanya tayangan tentang potensi wisata di Kabupaten Malang, maka wawasan pengunjung akan bertambah  dan semakin banyak yang berminat untuk berwisata di Kabupaten Malang. Maka tak heran jika pada penutupan acara pameran, Kabupaten Malang mendapatkan juara 1 stand terbaik. Mengingat aspek penilaian bukan hanya dari dekorasi stand saja, melainkan dari produk-produk unggulan yang dibawa dan juga penampilan kesenian daerah yang dibawakan oleh Kabupaten Malang. Ya!! Kabupaten Malang memang pantas mendapatkannya. Jayalah terus Kabupaten Malang dengan ikon potensi wisatanya yaitu Ken Dedes. Semoga promosi yang selalu dilakukan DISBUDPAR Kabupaten Malang akan selalu mendatangkan manfaat yang besar. AYO SADAR WISATA!! J (RR Devi )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s