PAKAR volunteer muda-mudi Desa Bendosari


Memanfaatkan sebuah peluang untuk mendapatkan sesuatu yang bermakna menjadi salah satu dasar kinerja Paguyuban Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang untuk memberdayakan anggotanya yang memiliki banyak sekali potensi. Terlebih potensi untuk mengaplikasikan kemampuan berkomunikasi dengan mengajarkannya kepada muda – mudi lain untuk bersama – sama membangun pariwisata Kabupaten Malang.

Muda – mudi yang berkeinginan ikut serta dalam pembangunan pariwisata ini adalah muda – mudi yang berada di Desa Bendosari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang yang ternyata memiliki keinginan untuk memajukan desanya yang memiliki potensi pariwisata luar biasa, mulai dari penghasil susu dari sapi perah, budidaya jamur, penghasil pertanian terbaik, hingga penghasil kerajinan dari rotan berseni tinggi.

Bentuk partisipasi yang ingin muda – mudi desa ini lakukan adalah membantu promosi wisata, hitung – hitung bisa menjadi tour guide bagi para turis lokal dan mancanegara yang suatu saat akan ramai mengunjungi desa mereka. Wah, suatu pemikiran yang luar biasa yang dimiliki muda – mudi saat ini yang identik dengan selfish, labil dan kritis.

Oleh karena itu, Paguyuban Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang mengambil langkah positif dengan mewujudkan keinginan mereka melalui sebuah program kerja yang luar biasa. Yaitu menjadi volunteer pengajar Bahasa Inggris serta rekan untuk menciptakan muda – mudi Kabupaten Malang yang berdaya guna dengan jadwal kegiatan yang menyesuaikan waktu muda – mudi Desa Bendosari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang untuk melaksanakan program ini.

Setelah perencanaan yang matang, hari inilah (20/9) Paguyuban Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang mencoba menjadikan hari pertama pelaksanaan program English Course ini. Meskipun hanya tiga orang saja yang berangkat ke Pujon, termasuk saya, hal itu tidak menyurutkan semangat yang sudah ada sejak awal pembahasan kegiatan ini. Lelahnya tubuh tidak menjadikan ketiga Roro yang bertugas hari ini membatalkan keberangkatan menuju Desa Bendosari yang memiliki rute jalan berkelok – kelok karena melewati pegunungan yang merupakan perbatasan KabupatenMalangdengan Kota Wisata Batu. Yups, ada saya, Roro Danis  serta Roro Riris dan Roro Nadia yang siap dengan perlengkapan mengajar yang simple, dan sudah tidak sabar untuk segera berbagi pengetahuan tentang English for Tourism kepada muda – mudi Desa Bendosari.

Hari mulai gelap, akhirnya kami sampai juga Balai Desa Bendosari setelah salah jalan menuju ke desa lain yang rute jalannya cukup menyeramkan karena minim pencahayaan serta melewati hutan dan sawah yang jarang sekali terdapat rumah penduduk. Muda – mudi Desa Bendosari ternyata sudah menunggu kedatangan kami, terbukti mereka telah menyiapkan tempat untuk lesehan serta papan untuk menempelkan white board. Meskipun yang hadir hanya kurang lebih 12 orang yang merupakan perwakilan dari tiap dusun, namun antusias sangat terlihat di wajah mereka serta keaktifan mereka mengikuti setiap mini silabus yang telah disiapkan walaupun sebagian besar dari mereka tidak bisa Bahasa Inggris sama sekali. Kami juga tidak kalah semangat dong J

Kegiatan diawali dengan perkenalan menggunakan Bahasa Inggris, menuliskan harapan dalam kegiatan ini dan ditempel di papan, kemudian dilanjutkan dengan mengajarkan Greeting dan Introducing. Setelah itu diadakan pembagian kelompok menjadi tiga kelompok dengan masing – masing roro sebagai tutornya untuk melakukan Conversation dengan materi yang telah diajarkan tadi. Prinsip utama pembelajaran ini adalah keberanian, niat dan semangat untuk bisa, yang kemudian menjadi komitmen bersama.

Semua merasakan kebahagiaan karena kegiatan ini ternyata adalah hal baru bagi mereka dan ingin agar kegiatan ini bisa diikuti oleh muda – mudi lain yang ternyata juga sudah menunggu untuk bisa berpartisipasi di dalamnya. Kami juga merasa bahagia, karena jujur saja, mengajar adalah kegiatan yang baru pertama kali saya lakukan apalagi di tempat yang jauh sekali dari hiruk pikuk keramaiankotadengan semangat tinggi muda – mudinya. Itu amazing!

Yuhuu, so nantikan cerita kami di program yang sama untuk selanjutnya yah teman-teman ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s