PEMBERDAYAAN RAKA – RAKI JAWATIMUR 2011 “GO TO BANDUNG”


Pemberdayaan Raka – Raki dilakukan oleh disbudpar Provinsi Jawa Timur  setiap tahunnya, dalam setahun kegiatan ini dilakukan satu sampai dua kali. Kegiatan ini bertujuan membina duta wisata Raka – Raki Jawa Timur supaya lebih memahami kebudayaan dan pariwisata Jawa Timur. Salah satu cara adalah melakukan pertemuan dengan duta wisata daerah lain untuk saling sharing ,bertukar pikiran dan membangun hubungan kerja sama dalam pengembangkan wisata dimasing – masing  daerah.

Pada tahun ini pemberdayaan raka raki jawatimur dilaksanakan di Bandung Jawa Barat. Pemberdayaan ini dihadiri oleh duta wisata Mojang Jajaka Bandung beserta kepala dinas pariwisata dan jajarannya. Dalam hal ini Raka Raki diberikan kesempatan untuk mempresentasikan wisata, budaya dan makanan khas Jawa Timur. Selain itu raka raki juga mempersembahkan beberapa tarian khas jawa timur. Kegiatan ini diakhiri dengan saling tukar cinderamata.

Setelah presentasi, raka raki jatim mencoba mengenal pariwisata dan kebudayaan   Jawa Barat dengan mengunjungi  tempat – tempat wisata serta budaya yang ada provinsi tersebut, diantaranya

 

TANGKUBAN PERAHU

Gunung Tangkuban adalah salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Suhu rata-rata hariannya adalah 17oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari. Kita mengunjungi tempat wisata tersebut untuk mengamati kelebihan kekurangannya supaya dapat menerapkan hal yang positif untuk pengembangan objek wisata gunung berapi di Jawa Timur.

CIATER

Jarak dari Bandung- Ciater sekitar 25 kilometer, dapat ditempuh selama 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Dari pusat Kota Lembang, cukup ditempuh dengan waktu 20 menit saja. Jalan-jalan yang dilalui juga merupakan arena wisata yang indah seperti observatorium Boscha, bumi perkemahan Cikole Lembang, Gn Tangkuban Parahu, Pusat Susu Murni Lembang, atau juga pusat pengembangan hortikultura.

Di Ciater, pengunjung selain dapat menikmati pemandian air panas, juga bisa bersantai di arena wisata yang cukup luas, serta dapat menikmati pelayanan terapi kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian ternyata air panas Ciater mengandung jenis zat seperti belerang, zat kapur dan beberapa zat lainnya yang sangat baik untuk penyembuhan penyakit kulit dan penyakit tulang.

Ciater dibuka setiap hari untuk umum. Selain kolam-kolam renang air panas yang tersedia, pengunjung dapat memesannya untuk berendam air panas di kamar-kamar. Selain air panas, secara bersamaan pun Anda bisa menikmati pemandian air dingin.

Disini kita mencoba berendam di air panas yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, memang sangat enak berendam di air panas ini, terasa segar dan enteng setelah berendam disini.

DAGO

Di sepanjang jalan ini, kita bisa menemui berbagai factory outlet, distro, hingga rumah makan yang menjadikan jalanan penuh sesak oleh hiruk pikuk kegiatan ekonomi masyarakat, terutama di akhir pekan ataupun di hari–hari libur. Lokasi ini merupakan tempat transit pengunjung dari luar kota Bandung yang datang untuk sekedar beristirahat serta berbelanja oleh oleh khas Jawa Barat.

SAUNG ANGKLUNG UJO

Saung Angklung Udjo (SAU) adalah tempat workshop kebudayaan, yang merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. Selain itu, SAU mempunyai tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda khususnya angklung. Tempat ini merupakan tempat yang paling berkesan dan menyenangkan karena kita bisa melihat konser musik besar yang alatnya semua dari bambu, kita juga diajak langsung memainkan beberapa lagu menggunakan bambu serta menyanyikan beberapa lagu dengan angklung, serta berdansa langsung dengan masyarakat yang ada disekitar SAU. Setelah diamati, konsep Sau dapat diterapkan di Jawa Timur karena Jawa Timur juga memliki alat musik ,tarian,dan nyanyian yang sangat beraneka ragam. Maka dari itu untuk melestarikan budaya jawa timur apa salahnya kita meniru konsep SAU.

PASAR BARU

Di pasar baru kita berbelanja lebih banyak karena disini harga dibanding dengan Dago lebih murah,dan disini kebanyakan harga grosir. Tempat ini hampir sama seperti Pasar Besar di Malang atau pasar Turi di Surabaya.

TRANS STUDIO BANDUNG

Tempat ini memberi kita kesan seperti dikota hiburan. Tempat ini sangat spektakuler karena didalamnya menawarkan banyak wahana antara lain:

Yamaha Racing Coaster

Jelajah

Giant Swing

Transcar Racing

Vertigo

Negeri Raksasa

Amphitheater

Dunia Lain

Marvel 4D Simulator

Sky Pirates – Zeppelin Ride

Dragon Riders

Pulau Liliput – Softplay

Kong Climb – Wall Climbing

Cinemagic

Petualangan si Bolang

Black Heart’s Pirate Ship – Softplay terbesar

Trans Broadcast Museum

Trans Science Center

v Trans City Theatre – Pertunjukan Setara Broadway

v Special Effect Show

Di Trans Studio pengunjung bisa menikmati semua wahana. Sebenarnya tempat wisata ini tidak jauh beda dengan Jatimpark yang ada di Jawa Timur . Yang membedakannya adalah trans Studio mengusung konsep in door sedangkan Jatimpark mengusung  konsep out door. Dengan konsep in door maka pengunjung akan lebih merasa nyaman meskipun berlibur disiang hari ataupun malam hari karena tidak khawatir dengan hujan.

Dengan pemberdayaan raka raki ada goal yang kita peroleh yaitu sebai generasi pemuda penerus bangsa, harus bisa mencintai,menghargai,melestarikan budaya yang ada di Indonesia khususnya Jawa timur. Karena itu merupakan modal utama kita untuk lebih memajuka Jawa timur yang kita cintai,…MAJU TERUS PARIWISATA JAWA TIMUR..SALAM PARIWISATA!!!!!! (Joko Andre)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s