Jambore Pemuda Indonesia 2011: The Amazing Trip around Malang Regency


 

Jambore Pemuda Indonesia dan Bhakti Pemuda Antar Propinsi yang diikuti oleh pemuda-pemudi pilihan dari 33 Provinsi di Indonesia memang telah berlalu. Tapi kegiatan luar biasa yang digelar tanggal 1-5 Juni 2011 di Stadion kanjuruhan ini masih menyisakan kenangan yang mendalam bagi Paguyuban Joko Roro Kab Malang.

Betapa tidak? Meskipun pada kesempatan kali ini PAKAR tidak mengirimkan perwakilannya, PAKAR masih mendapatkan kesempatan untuk ‘berpartisipasi’ dalam ajang bergengsi yang diadakan oleh Kemenegpora ini.

Pada hari Kamis tanggal 2 Juni diadakan Famtrip keliling Kabupaten Malang yang diikuti oleh Peserta JPI 2011 dan dipandu oleh Roro Danis dan Joko Reza dari PAKAR. Perjalanan dimulai dari stadion Kanjuruhan Kepanjen yang merupakan basecamp dari para peserta JPI 2011. Destinasi pertama yang dituju oleh para peserta JPI 2011 adalah Bendungan Sutami yang juga biasa kita kenal dengan Bendungan Karangkates. Perjalanan menuju Bendungan Karangkates yang terletak di kecamatan Sumber Pucung tersebut ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Disana kami langsung disambut oleh Bpk Camat Sbr Pucung beserta Staf dan Pengelola Bendungan Karangkates. Antusiasme peserta JPI 2011 dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan seputar Bendungan beserta berbagai fasilitas penunjang dan hiburan di dalamnya.

Setelah puas bertanya dan menikmati keindahan bendungan yang diresmikan oleh Bpk Presiden Suharto pada tahun 1977 itu perjalanan dilanjutkan ke Candi Singhasari yang terletak di desa Candirenggo, kecamatan Singhasari. Perjalan menuju candi peninggalan kerajaan singhasari ini memang memakan waktu cukup lama. Akan tetapi kesempatan ini tidak hanya digunakan untuk beristirahat . Para peserta JPI 2011 yang dipandu oleh PAKAR masih bisa memanfaatkan waktunya dengan berkaraoke bersama di 2 bis yang berbeda. Setelah melalui wilayah kota Malang rombongan pun sampai di Candi yang ditemukan oleh kolonial Belanda di awal abad ke-18 ini. Dengan penuh rasa kagum para peserta memasuki kawasan Candi Singhasari dan mendapatkan pengetahuan sejarah baru dari juru kunci Candi.Sebuah pengalaman yang menakjubkan, mengingat tidak semua daerah di Indonesia memiliki peninggalan sejarah berupa candi.

Langit mulai berwarna oranye, pertanda  kami harus melanjutkan perjalanan ke salah satu pemandian terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Malang, Wendit Waterpark. Perjalanan seharian yang sedikit melelahkan tapi sangat menyenangkan membuat para peserta tidak sabar untuk segera merendam dirinya di pemandian Wendit yang airnya berasal dari mata air alami. Pesona Wendit tidak hanya berhenti di wisata airnya. Akan tetapi legenda kera yang mediami wilayah tersebut juga membuat para peserta JPI 2011 takjub.

Perjalanan menakjubkan bersama PAKAR sayangnya akan segera berakhir karena waktu sudah menjukkan pukul 18.00 WIB, saatnya menuju Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Di Pendopo Agung para peserta JPI 2011 melaksanakan perjamuan makan malam bersama Bupati Malang Bpk H. Rendra Kresna.Selain makan malam bersama Bpk Bupati Malang, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk bernyanyi dan berfoto bersama Bpk Bupati.

Pendopo Agung Kabupaten Malang merupakan destinasi terakhir dari perjalanan peserta JPI 2011 bersama pakar. Sebuah perjalanan yang sangat singkat, akan tetapi  perjalanan ini dapat memberikan manfaaat  dan akan selalu terkenang.. What an amazing trip around Malang regncy! by re_za

This slideshow requires JavaScript.

3 responses to “Jambore Pemuda Indonesia 2011: The Amazing Trip around Malang Regency

  1. waaaaahhhhhh, perjalanan yang sangat menyenangkan,,,, aq salah satu peserta famtrip dari bengkulu

  2. salah satu peserta Duta Wisata Sul-Bar
    JPI BPAP 2011

  3. wwaaahhhhh ada foto q,, makasih dah d posting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s