DINPAR KAB MALANG SABET JUARA 3 STAND TERBAIK DI GWN 2011


Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara 2011(GWN) merupakan pameran objek wisata daerah terbesar dan terlengkap mulai Sabang sampai Merauke. Event ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Hall mulai tanggal 26 – 29 Mei 2011. Dentuman suara gong di dalam hall menandai dibuka dan diresmikannya pameran tersebut oleh Jero Wacik Menteri Kebudayaan dan Pariwisata yaitu. Acara pembukaan dimeriahkan oleh pertunjukan tarian-tarian khas dari berbagai daerah yang ada di seluruh nusantara seperti tarian Gandrung dari Banyuwangi, Jawa Timur, tarian dari Sumatera, Sulawesi, dan masih banyak lagi.

Event luar biasa ini dihelat selama empat hari, peserta mempresentasikan daerah nya melalau stand yang mereka bangun. Stand yang ada pada pameran tersebut telah dikelompokkan sesuai pulau-pulau yang ada di Indonesia seperti Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Lombok, dan Papua. Tujuan dari pengelompokan tersebut adalah untuk memudahkan para pengunjung mencari stand daerah yang ingin mereka kunjungi.

Seperti biasanya, Kabupaten Malang adalah Kabupaten yang setiap tahunnya tidak pernah absen dalam mengikuti pameran bergengsi ini. Stand Dinas Pariwisata Kabupaten Malang termasuk dalam stand Jawa Timur yang saat itu mengangkat Candi Singosari sebagai tema pameran. Di sini, JOKO RORO Kabupaten Malang ikut serta dalam pameran untuk menjadi ikon dari Kerajaan Singosari yaitu Ken Arok dan Ken Dedes. Raja dan ratu Kerajaan Singosari tersebut diperankan oleh Joko Andre dan Roro Devi pada hari pertama pameran. Selain itu, pada hari – hari selanjutnya hingga penutupan, mereka turut serta dalam guiding para pengunjung yang datang pada stand Dinas Pariwisata Kabupaten Malang. Stand yang berada tepat di belakang stand DISBUDPARPROV Jawa Timur ini merupakan salah satu stand yang tergolong banyak jumlah pengunjungnya. Kira-kira terdapat kurang lebih ribuan pengunjung yang telah mengisi buku daftar hadir yang telah disediakan. Berbagai macam barang – barang khas Kabupaten Malang turut menghiasi stand milik Dinpar Kabupaten Malang tersebut seperti patung manekin yang berbusanakan kostum tari topeng Bapang khas Malang, batik Druju yang dibuat oleh warga kecamatan Turen, serta souvenir-souvenir cantik khas Kabupaten Malang. Selain itu, terdapat maksud dan tujuan utama pameran yang bertemakan Candi Singosari tersebut yaitu untuk memperkenalkan dan mempromosikan kepada para pengunjung bahwa Kabupaten Malang memiliki obyek wisata yang menarik dan sangat menakjubkan, terlebih lagi dengan paket wisata yang baru-baru ini ditawarkan dan telah diresmikan oleh kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang.

Setiap daerah berusaha untuk terlihat maksimal dalam menghias stand mereka, karena stand tersebut akan dipilih tiga terbaik dan berhak mendapatkan penghargaan pada penutupan pameran. Hasil kesenian serta kekhasan dari tiap-tiap daerah sangat kental di sana, bagaikan berada di daerah aslinya ketika kita mengunjungi stand-stand yang ada di pameran tersebut. Kami menyebut pameran ini merupakan miniatur dari tiap –tiap daerah yang ada di Indonesia,,, sungguh luar biasa ,,, seperti berjalan- jalan keliling Indonesia dengan hanya beberapa langkah kaki saja!!! . Kabar baik yang dapat dinikmati bersama yaitu stand Dinpar Kabupaten Malang menjadi stand terbaik ketiga yang ada pada acara GWN 2011 tersebut. Kita semua patut berbangga atas hasil yang telah kita terima, semoga selalu dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita semua generasi muda untuk tetap peduli dan terus memajukan pariwisata yang ada di daerah kita, Kabupaten Malang. BRAVO PARIWISATA !!!. (Roro Devi)

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s