WWP Pendongkrak Kunjungan Wisata Kabupaten Malang


Wendit Water Park (WWP) sejatinya merupakan wisata alam berupa sumber mata air paling besar di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis. Namun berkat kejelian Pemkab Malang, sumber air sederhana itu mampu disulap menjadi obyek wisata andalan di Kabupaten Malang. Dibandingkan obyek wisata lain milik Pemkab Malang, jumlah pengunjung WWP memang yang paling banyak setiap tahun.

WWP sudah didukung dengan wahana wisata buatan yang mampu membuat decak kagum pengunjung yang datang. Sebut saja fasilitas water boom, carosel, worm coster serta boom-boom car dilengkapi pengelola demi melawan raksasa wisata lainnya di Malang raya. WWP terus berinovasi lantaran memiliki ‘lawan’ yang sangat berat sebut saja Batu Night Spectacular dan Jatim Park di Kota Batu.
Namun, dibanding dua obyek wisata tersebut, Taman Wisata Air Wendit masih memiliki keunggulan dalam hal sejarah. Sejarah itulah yang juga disikapi Pemkab Malang dengan membuka zona wisata ritual Makam Mbah Kabul. Banyak kalangan yang percaya bila mandi di sumber air dekat makam Mbah Kabul akan mendatangkan kesuksesan.
Meski demikian, Pemkab Malang juga harus realistis dengan kondisi pariwisata di wilayahnya pada tahun 2010 ini. Kunjungan wisatawan mengalami penurunan hingga 50 persen pada tahun 2009 lalu, termasuk WWP yang menjadi andalan bergairahnya dunia wisata di Kabupaten Malang. Baik wisatawan nusantara maupun mancanegara mengurangi kunjungan di wilayah Kabupaten Malang.

Data yang dikeluarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Malang menyebutkan, pada tahun 2008 jumlah wisatawan nusantara mencapai 2.371.099 orang, mancanegara 4.633 orang. Sedangkan, tahun 2009, wisatawan nusantara hanya 1.887.144 orang sedangkan mancanegara turun pada angka 3752 orang. Beruntung Dinas Pariwisata menyadari hal ini dan akan segera berbenah agar tahun 2010 kunjungan tak makin merosot.
Mengingat wisata andalan seperti WWP yang biasanya kedatangan hingga 500 ribu wisatawan per tahun, juga mengalami kelesuan. Tahun 2009 lalu, pengunjung WWP mulai Januari hingga Desember tercatat pada angka 372.532 orang. Penurunan itu secara umum diakibatkan kurangnya even yang diselenggarakan Pemkab Malang.
Sehingga, mutlak bagi Dinas Pariwisata untuk kembali membuka pemikiran dengan merancang even-even pariwisata. Khusus Wendit Water Park, Dinas akan habis-habisan menggarap WWP pada musim liburan sekolah bulan Juni hingga Juli mendatang. Untuk diketahui pada tahun 2008 dan 2009, pengunjung WWP pada musim liburan bisa naik enam kali lipat, tepatnya 300 ribu orang per hari.
Untuk diketahui, WWP saat ini menawarkan zona-zona bermain yang sangat bervariatif dan menghibur pengunjung. Harga tiket masuk areal WWP dipatok Rp 10 ribu dengan kenyamanan berenang di kolam buatan dengan air segar alami langsung dari sumber. Disamping itu pengunjung bisa menikmati wahana lain berupa waterboom Rp 17.500, termasuk boom-boom car, carousel, worm coaster masing-masing Rp 10 ribu.
Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati rumah hantu dengan mengganti tiket masuk Rp 5 ribu saja. Bagi para pengunjung wisata religius ada juga pilihan mandi di sumber mata air dekat makam Mbah Kabul cukup mengganti Rp 150 ribu. Yang jelas, bulan liburan nanti WWP akan menyuguhkan wahana baru berupa rumah misteri.

Kunjungi Situs Sumber : http://www.malang-post.com/index.php?option=com_content&view=article&id=11228:wwp-pendongkrak-kunjungan-wisata-kabupaten-malang-&Itemid=71

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s