Pantai Balekambang


(Pantai Balekambang – Di Malang) – Lokasi Pantai Balekambang yang cukup indah dan menawan ini terletak di kecamatan Bantur, 65 Km dari sebelah selatan kota Malang.

Cara Mencapai Daerah ini
Pantai Balekambang ini dapat dicapai melalui kecamatan Gondang Legi dan kecamatan Bantur, dilanjutkan ke desa Srigonco sedangkan melalui kecamatan Kepanjen, kecamatan Pagak belok kiri ke arah kecamatan Bantur dengan menggunakan kendaraan baik motor maupun mobil.

Kondisi Fisik
Pantai landai ini dipenuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 m ke arah laut, sewaktu air surut, maka akan tampak di atas air dan di sela-selanya terdapat berbagai jenis-jenis ikan hias kecil yang beraneka ragam. Selain itu, dilepas pantai nampak tiga buah pulau yang berjajar ke arah barat, ketiga pulau itu adalah pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah pura yang bernama Pura Luhur Amertha Jati. Untuk mencapai pura ini kita dapat melalui jembatan setapak yang lebarnya 1,5 m.

Pembagian Ruang
Pantai Balekambang tidak ada pembagian ruang secara khusus, tetapi pantai ini mempunyai tiga tempat utama yaitu pulau yang berjajar ke barat. Pulau itu adalah yang paling timur disebut pulau ismoyo, yang tengah disebut Pulau Anoman dan yang paling barat disebut Pulau Wisanggeni.

Sarana dan Prasarana
Di sekitar area pantai terdapat bungalow yang dapat disewa apabila kita ingin menginap. Selain itu, juga terdapat warung-warung makan dengan harga yang murah. Hal ini didukung pula dengan fasilitas yang memadai, tempat parkir yang luas, camping ground, kios cinderamata, rumah makan, mck, kantor informasi, kolam renang dan bumi perkemahan.

Pengunjung
Pada bulan suro, Pantai Balekambang cukup ramai didatangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara, karena pada bulan itu ada acara khusus di Pantai Balekambang in yaitu upacara surohan (suroan) dan upacara jalanidhi puja. Selain bulan suro, tempat ini juga ramai pada hari minggu dan hari-hari libur lainnya.

Kunjungi Situs Sumber : http://www.g-excess.com/id/pantai-balekambang-di-malang.html

One response to “Pantai Balekambang

  1. rindu bah……….ngan pantai balai kambang ! last gi sana raya 2009 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s