PROSPEK PENGEMBANGAN WISATA DI KAWASAN TIMUR KABUPATEN MALANG (Studi di Dinas Pariwisata Kabupaten Malang)


Dengan di berlakukanya UU NO 22 Tahun1999 dan UU NO 25 Tahun 1999 tentang pemerintah daerah dan perimbangan keuangan antara pusat dan daerah. Daerah di tuntut untuk selalu berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Hal ini bisa di lakukan dengan memanfaatkan potensi potensi yang ada, salah satunya adalah potensi pariwisata. Dengan otonomi daerah tesebut Pemerintahan pusat memberikan wewenang kepada Pemerintah daerah secara penuh dalam mengelola dan memanfaatkan potensi pariwisata yang ada di daerahnya. Serta menetapkan dan mengusahakan sendiri dalam melaksanakan pengembangannya. Wewenang diberikan kepada daerah karena Pemerintah daerah lebih mengerti dan memungkinkan untuk dapat mendayagunakan potensi pariwisata yang dimiliki dengan lebih berdayaguna dan berhasil guna. Pemerintah Kabupaten Malang sendiri mulai mengembangkan kawasan timur menjadi kawasan wisata sebagai pengganti obyek daya tarik wisata di Batu yang sekarang menjadi pemerintahan sendiri, dengan harapan ke depan pengembangan wisata kawasan timur dapat memberikan pemasukan kepada PAD kabupaten Malang

Berangkat dari uraian tersebut, Peneliti ingin mengetahui lebih jauh prospek pengembangan wisata di Kawasan Timur Kabupaten Malang.dan berusaha mengetahui masalah dan kendala yang dihadapi dalam pengembangannya dengan mengoperasionalkan pengembangan wisata meliputi rencana pengembangan wisata yaitu identifikasi obyek wisata, identifikasi komoditi unggulan Malang Timur penunjang wisata, pengembangan pariwisata berdimensi lingkungan, pelaksanaan pengembangan wisata, yaitu institusi kepariwisataan, penetapan kawasan wisata, penyediaan sarana dan prasarana, realisasi APBD dalam pengembangan wisata serta peluang pengembangan wisata, yaitu : partisipasi masyarakat, kerja sama dengan sektor swasta, analisa SWOT terhadap pengembangan wisata dan sapta pesona.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis Dinas Pariwisata sebagai subyek dan nara sumber penelitian. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian didapatkan prospek pengembangan wisata di kawasan timur memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan dalam meraih pangsa pasar dan menjadi wisata unggulan Kabupaten Malang karena potensi wisata eksternal pada wawasan tersebut adalah potensi wisata unggulan di Jawa Timur, TN – BTS, disamping keberadaan wisata-wisata yang lain berupa 13 wisata alam (eco-tourism), 12 wisata budaya, 1 wisata daerah, dan 2 wisata hiburan serta lain-lainnya yang seluruhnya membentang di kawasan timur mulai dari Kecamatan Pakis, Kecamatan Tumpang, dan Kecamatan Poncokusumo membentuk kemenyatuan karena kedekatan dengan obyek wisata di wilayah studi disamping memiliki pola perjalanan yang searah dari utara ke selatan di kawasan Timur. Potensi pengembangan Obyek Wisata, yaitu potensi pengembangan berdasarkan jenis dan keunikan atraksi yang ada, sosial budaya dan kerajinan rakyat. Atapun potensi pendukung pengembangan wisata sendiri yaitu partisipasi Masyarakat sekitar kawasan, komoditi produk unggulan serta kondisi alam. Untuk mengembangkan potensi pariwisata tersebut telah dibentuk Dinas Pariwisata melalui Perda no. 15 tahun 2001.

Meski demikian, pengembangan potensi kepariwisataan masih menemui kendala antara lain terbatasnya biaya untuk pengembangan wisata, SDM yang minim pengetahuan dan pemerintah yang kurang dapat merangkul sektor swasta.

Dengan berakhirnya penelitian ini, saran yang dapat peneliti sampaikan diantaranya : Perlunya perbaikan sektor perhubungan seperti kondisi jalan banyak yang rusak, kebersihan lingkungan di kawasan pariwisata masih perlu ditingkatkan, dan pembinaan terhadap pepengusahaan di bidang Pariwisata.

 

sumber : http://malangraya.web.id/2008/03/24/prospek-pengembangan-wisata-di-kawasan-timur-kabupaten-malang-studi-di-dinas-pariwisata-kabupaten-malang/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s