Malang Simpan Wisata Bahari Menjanjikan


Pantai Balekambang

KabarIndonesia – Potensi dan jargon ikon Kabupaten Malang yang sampai saat ini belum digali dan dikembangkan secara serius oleh Pemerintah Kabupaten Malang yakni wisata bahari atau wisata pantai saat ini menjadi perbincangan hangat beberapa pengamat wisata guna mengembangkan dan menjadikan ikon daerah.

Seperti kita tahu, Kabupaten Malang memiliki pantai yang terbentang di wilayah Malang Selatan. Setiap wisata pantai yang ada mempunyai karateristik yang tak di beragam dan ciri khas ini tidak dipunyai wisata pantai daerah lain. Namun karena belum dikelola secara profesional, keberadaan pantai yang ada di Kabupaten Malang ini kurang dikenal oleh masyarakat daerah lain.

Bandingkan dengan wisata pantai di daerah lain yang telah dikelola secara profesional walau keberadaan pantainya menurut beberapa masyarakat biasa-biasa saja. Namun masih menjadi daya tarik dan tentu menambah income bagi pemerintah daerah.

Salah seorang pengamat wisata pantai, Ali Murtopo mengatakan bahwa Kabupaten Malang sangat tepat kalau dijuluki Kota Seribu Pantai. Karena pesona pantai yang dimilikinya cukup memikat. Misalnya Pantai Sendang Biru, Pantai Balekambang dan Kondang Merak. Yang merupakan wisata pantai yang cukup dikenal dan dapat menjadi ikon Kabupaten Malang dengan julukan Segi Tiga Emas Pantai. Selain masih banyak pantai yang juga memiliki keunikan tersendiri.

Pantai Sendangbiru

Pantai Sendangbiru

Pantai Sendang Biru misalnya, lanjut Ali, memiliki pulau kecil Sempu dan pantai ini merupakan pusat pelabuhan dan pengelolahan ikan hasil tangkapan para nelayan. Pantai Balekambang dengan hamparan pasir putihnya memiliki keunikan tersendiri ada pura di tengah lautnya.

Pantai Kondang Merak memiliki gugusan karang yang terhampar di sepanjang pantainya dan beberapa tahun lalu sempat diminati oleh investor asing namun sampai sekarang belum ada realisasinya.

Hal yang utama untuk menarik minat investor asing dalam bisnis wisata pantai, akses masuk maupun keluar pantai yang bagus dan keamanan itu juga menjadi hal yang utama.

Hal senada juga diungkapkan pengamat pembangunan daerah Erik Armando Tala. Hal utama dalam pembangunan wisata adalah akses dan keamanan serta kemudahan dalam berusaha itu menjadi inti pokok menarik investor asing dalam mengembangkan potensi wisata khususnya wisata pantai yang saat ini belum dikelola secara maksimal dan profesional. Saya berharap di tahun 2011 mendatang semua keinginan dan cita-cita kita dapat terwujud sesuai dengan visi dan misi Bupati Rendra Krisna saat mencalonkan diri menjadi Bupati Malang. (Suseno)

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=15&jd=Malang+Simpan+Wisata+Bahari+Menjanjikan&dn=20101205050625

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s