Candi di Kabupaten Malang Dilengkapi Museum Mini


19 Jan 2011 08:42:03| Budaya & Pariwisata
Penulis : Endang Sukarelawati
 

 

Candi SinggosariMalang – Candi-candi bersejarah di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat dilengkapi dengan museum mini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang Ratna Nurhayati, di Malang, Rabu mengatakan, untuk membangun beberapa museum mini di kawasan candi tersebut disediakan dana sebesar Rp2,8 miliar.

“Dana ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Sebenarnya kami juga mengajukan anggaran untuk pembangunan museum purbakala dengan skala lebih besar, namun pemerintah pusat menjanjikan tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, sebagai tahap awal dibangun lebih dulu museum mini yang berada di kawasan candi. Saat ini pihaknya juga sedang mengkaji pembangunan museum mini tersebut bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Kabupaetn (Bappekab) Malang.

Sebab, menurut dia, untuk pembangunan museum mini tersebut pemerintah pusat mewajibkan lahan yang digunakan adalah lahan milik Pemkab Malang.

Oleh karena keharusan tersebut, kata Ratna, satu-satunya lahan milik Pemkab Malang yang bisa digunakan dan luasannya memadai berada di kawasan Candi Singosari di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari. Luasan lahan tersebut sekitar 200 meter persegi.

Selain untuk membangun museum mini di kawasan candi tersebut, dana sebesar Rp2,8 miliar itu juga untuk memperbaiki kawasan serta membangun beberapa fasilitas umum dan pos informasi.

Sementara itu, pembangunan museum purbakala yang sudah dicanangkan beberapa tahun terakhir ini juga belum bisa direalisasi. Selain disebabkan anggaran dari pusat belum disetujui, juga belum adanya lahan yang memadai.

Sebelumnya Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Pemkab Malang Tarmudji mengakui, kebutuhan lahan untuk pembangunan museum purbakala tersebut minimal seluas 2,5 hektare, namun yang tersedia saat ini baru 1.000 meter persegi.

“Rencana pembangunan gedung museum purbakala ini sudah diagendakan tahun 2009 lalu di kasawan Singosari, namun kebutuhan lahan seluas 2,5 hektare belum bisa terpenuhi, sehingga pembangunannya ditunda,” tuturnya menegaskan.

Menurut dia, sebenarnya keberadaan museum purbakala di Kabupaten Malang sangat penting dan mendesak karena keterkaitannya dengan perjalanan sejarah Indonesia. Yakni, berdirinya berbagai kerajaan, kolonial Belanda, Jepang hingga kemerdekaan yang menjadi cikal bakal bangsa Indonesia.

Berdirinya museum purbakala itu nanti, lanjutnya, juga mampu menunjang dunia pendidikan dan wisata di kabupaten itu, bahkan diharapkan juga mampu mengembalikan benda-benda bersejarah dari Malang yang ada di berbagai daerah maupun negara lain.

Tarmudji menjelaskan, sebelumnya rencana pembangunan museum purbakala itu akan di bangun di kawasan Desa Jeru, Kecamatan Tumpang. Namun, lahan tersebut saat ini sudah dimanfaatkan sebagai areal pertanian dan perkebunan yang cukup luas.

Menyinggung benda-benda bersejarah yang bakal menjadi “penghuni” museum purbakala nantinya, Tarmudji mengatakan, saat ini Pemkab Malang sudah memiliki sedikitnya 56 koleksi sejarah yang bernilai cukup tinggi.

Karena belum ada museum, katanya, koleksi benda-benda bersejarah yang bernilai tinggi itu sekarang dititipkan di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto.

Selain yang dititipkan di BP3 Trowulan, benda-benda bersejarah bernilai tinggi itu juga banyak yang masih berada di luar negeri, terutama di Belanda.

“Jika museum purbakala ini nanti terealisasi, benda-benda bersejarah yang saat ini kami titipkan di BP3 maupun yang ada di luar negeri kan bisa kami tarik kembali ke Malang,” katanya.

Sumber : http://www.antarajatim.com/lihat/berita/53515/candi-di-kabupaten-malang-dilengkapi-museum-mini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s