LAUNCHING SALAK DAN PRODUK HASIL OLAHAN SALAK KELOMPOK TANI MEKAR SARI DESA KADEMANGAN KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN MALANG


Kegiatan ini diselenggarakan di Desa Kademangan Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang oleh penduduk sekitar yang juga  bermatapencaharian sebagai petani salak, dimana acara tersebut bertajuk Temu Lapang Tindak Lanjut Salak di Kelompok Tani Mekar Sari. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk menindaklanjuti tanaman salak yang dibudidayakan oleh kelompok tani Mekar Sari di Desa Kademangan tersebut. Acara tersebut selain dihadiri oleh masyarakat sekitar, juga dihadiri oleh pejabat penting lainnya dari luar kota seperti Surabaya. Rangkaian acara utama di sana yaitu penyuluhan tentang perawatan tanaman salak, mulai dari penanaman, pemupukan sampai pengolahan tanaman salak.  Selain itu, para tamu undangan dipersilahkan untuk berkunjung ke kebun salak yang dinamakan “lahan praktek” yang berada tidak jauh dari lokasi tempat diselenggarakannya acara.

Di area kebun salak, kami amati bahwa hampir setiap pohon di sana bertuliskan PI s/d P4 yang artinya tanaman salak tersebut diberi pupuk sebanyak 5 kg jika bertuliskan P1 dan 10 kg jika bertuliskan P2 dan seterusnya. Letak beda dari pemberian jumlah pupuk tersebut terdapat pada rasa dan jumlah buah yang dihasilkan dalam satu pohon. Kita bisa memetik salak yang ada di sana sepuasnya lalu ditimbang , dibayar, dan bisa langsung kita bawa pulang. Harga salak tersebut yaitu Rp 5000,00 per kg. Tetapi, tidak sembarang salak bisa kita petik di lahan tersebut karena belum tentu salak tersebut matang dan sudah pantas untuk dipetik, maka diperlukan seorang guide yang juga anggota dari petani Mekar Sari untuk membantu kita dalam memetik serta memilih salak yang akan kita beli. Rasa salaknya benar-benar lezat dan unggulan serta ukurannya yang besar-besar juga sangat menggugah selera kita untuk memakannya.

Di sana juga terdapat bazar kecil-kecilan yang menjual produk olahan dari buah salak itu sendiri, produk-produk tersebut antara lain sirup salak, dodol salak, sari salak, permen salak, dan selai salak. Harganya juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 3000,00 s/d Rp 20.00,00. Penduduk yang berjualan di sana menyediakan tester agar kita bisa mencoba terlebih dahulu produk itu sebelum kita membelinya. Untuk cita rasanya, produk olahan salak tersebut juga tidak kalah dengan produk olahan buah yang sudah ada di pasaran sekarang seperti sari apel, jambu, dll. Salah satu petani Mekar Sari berkata bahwa produk hasil olahan mereka sudah dipasarkan di wilayah Malang dan sekitarnya dan akan segera meluncur di pasaran luar Kota Malang yang nantinya juga memiliki pangsa pasar yang tetap dan pasti sehingga diharapkan agar produk unggulan salak dari Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang akan dikenal hingga jajaran nasional maupun internasional.(Roro Devi ‘10)

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s